Sabtu, 11 Februari 2012

Mengganti Judul Halaman Data Guru & Siswa

Sebuah pengalaman yang agak melelahkan. Pengalaman yang didapat ketika sedang mengedit web Rumah alQuran. Tepatnya ketika ingin merubah judul "Direktori Siswa" menjadi "Data Sahabat Quran" dan "Direktori Guru dan TU" menjadi "Data Asatidz".
Kalau untuk mengganti menu navigasi sudah disediakan di menu admin. Cara mudah sekali, tinggal login admin, klik menu Setting Admin > Menu & Profil. Di situ kita bisa merubah nama menu yang ada di bawah header website. Begiu juga dengan beberapa halaman dan menu depan website seperti Berita Terbaru, Profil, Artikel bisa dirubah di halaman admin. Caranya dari halama admin klik menut Setting Admin > Posisi Menu Modul.
Pertamanya saya kira ini perlu dirubah dari script yang ada di cpanel hosting, tapi karena usulan dari teman pembangun web Rumah alQuran yaitu Bang Fitrah untuk mencoba melihat di halaman admin. Ternyata benar itu bisa dirubah di halaman admin. Makasih Bang.
Berbeda dengan halaman Siswa dan Guru, saya ubek-ubek di halaman admin gak ada. Gak tahu, emang aslinya gak ada atau ada tapi gak ketemu. Kalau ada pembaca yang menemukan kasih tahu saya ya! Karena dihalaman admin gak ada saya coba ubek2 di file cpanel hosting. Saya coba lihat di file-file yang belum diupload. Saya cari dibanyak file untuk menemukan kata "Direktori Siswa" yang bisa dirubah.
Singkat cerita, setelah lelah ke sana kemari ketika membuka file siswa.php yang ada di folder htlm ada kata itu. Langsung saja saya coba ternyata berhasil. Alhamdulillah. Begitu juga dengan judul "Direktori Guru" ada di file guru.php yang ada di folder html.
Kalau ada yang tahu cara lain, atau menganggap cara ini kurang tepat kasih tahu saya ya!

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.