Kamis, 22 November 2012

Pre-Install FamilyCMS di Localhos denga WampServer

Kali ini saya mau nyatat perjalanan saya mencoba menginstall Family CMS di Localhost dengan WampServer. Proses belajarnya sangat panjang sekali biasa Try Errror ditemani mBah Google. Biar gak lupa saya catat di sini. Oh ya..Instalasi CMS ini ada ada 2 perbedaan dengan instalasi Wordpress yang akan saya catat di sini. Tutorial ini hanya mencatat persiapan install saja. Kalo install setelahnya karena mudah saya tidak akan catat di sini.

Langkah Fixnya seperti ini : 

Pertama; Aktifkan cURL di WampServer. Jika tidak maka akan keluar peringatan "cURL     BAD" seperti gambar di bawah ini.

Langkahnya adalah :
1. Pastikan WampServer dalam keadalah mati
2. Cari dan buka file php.ini pada direktori WAMP\bin\php\(versi php yang digunakan)\
File php.ini adalah file yang gambarnya ada geriginya.

3.  Cari kata extension=php_curl.dll dengan menekan ctrl+f untuk mencarinya, kemudian hilangkan tanda ; yang terletak sebelumnya. Kemudian Simpan.
4. Cari dan buka file php.ini pada direktori WAMP\bin\Apache\(versi apache yang digunakan)\bin\
5. Cari kata extension=php_curl.dll dengan menekan ctrl+f untuk mencarinya, kemudian hilangkan tanda ; yang terletak sebelumnya. Menghilangkan tanda ; disebut sebagi uncomment. Kemudian Simpan.
6. Buka Wampserver Anda.

Kedua; Pembuatan SQL Database.
Langkah-langkahnya sebagai berikut :
1. Buka phpMya Admin -> Klik Basisdata -> masukan nama database, contohnya "keluarga" -> Klik Ciptakan. Tampilannya seperti ini :
2. Setelah berhasil, klik pada tabel database yang telah dibuat barusan -> Klik Hak Akses -> Klik Menambah pengguna baru. Tampilannya seperti ini :

3. Isi Nama Pengguna, Host dan Kata Sandi. Kata Sandi juga bisa dibuatkan oleh sistem, tapi dianjurkan untuk buat sendiri biar mudah diingat. Untuk pilihanannya di dropboxnya saya pilih Gunakan texxt fiel, gak tahu alasannya, tapi saya rasa itu paling tepat.
 Selesai sudah persiapan install FamilyCMS di localhos, sekarang Silahkan extrak file FamilyCMS (download di sini) ke direktori C:\wamp\www\. Ganti nama foldernya sesuai keinginan kita, contohnya keluarga. Setelah sukses diekstrak silahkan aktifkan wampserver. Setelah buka browser kunjungi http://localhost/keluarga. Nah dari sini silahkan ikuti langkah-langkah mudahnya. Ingat yang perlu diingat dari persiapan Instalasi adalah Nama Database, Nama Pengguna, Host kata Sandi.

Lorem ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.